Jurus Jitu Memilih Jurusan Kuliah

Mau kemana sehabis lulus SMA ya? Pertanyaan ini pasti muncul setelah kamu menerima berita kelulusan. Ya, kita nggak bisa memungkiri kalau masa SMA adalah masa yang paling menyenangkan, tapi kenyataannya masih banyak hal yang harus kita jalani. Oke, ada beberapa pilihan untuk melanjutkan perjalanan kamu setelah lulus SMA. Kamu memilih mau langsung mencari kerja, Kuliah, atau bahkan menikah? Nah, buat yang mau melanjutkan ke jenjang perkuliahan, kamu perlu  memperhatikan dalam memilih jurusan kuliah. Banyak faktor yang harus diperhitungkan dan dipikirkan dalam memilih jurusan kuliah, jangan sampai salah jurusan karena itu adalah kerugian buat kamu di  masa depan. Terus gimana sih cara memilih jurusan di Universitas yang baik? Yuk kita simak..
  1. Pilihlah Sesuai Bakat, Minat dan Cita-Cita
    Buat yang sudah mantab dengan cita-cita kamu inginkan, maka lihatlah jurusan apa yang pas dan cocok dengan cita-cita kamu sehingga akan membawa menuju profesi atau pekerjaan yang diinginkan. Jangan sampai salah memilih lho, misalnya kamu ingin jadi dokter tapi kamu masuk ke jurusan desain grafis. Wuih, itu sudah salah besar ya! He-he-he. Terus kalau kamu nggak suka sama yang namanya hitung-hitungan hindari mengambil jurusan matematika dan jika nggak bakat menggambar jangan mengambil jurusan arsitek. Pokoknya sesuaikan dengan Bakat, Minat dan Cita-Cita kamu, kawan remaja.
  2. Realistis Ya..
    Yup,  setelah memilih sesuai bakat, minat dan cita-cita, yang selanjutnya kamu harus berpikir realistis, jangan terlalu idealis ya. Pilihlah jurusan yang banyak dicari dan diminati di dunia pekerjaan.
  3. Informasi
    Berburulah informasi sebanyak mungkin untuk bahan pertimbangan kamu pada saat memilih jurusan. Selain berkonsultasi dengan orang tua, kamu jangan malu ya untuk bertanya sama saudara, guru, teman, bimbel, tetangga, konsultan pendidikan, kakak kelas, teman mahasiswa dll. Eits, yang paling penting kamu jangan mudah terpengaruh dengan orang lain yang kurang menguasai informasi atau bahkan hanya ikut-ikutan teman saja. Oya, internet juga media yang pas untuk mencari informasi tentang jurusan perkuliah lho.
  4. Daya Tampung Jurusan
    Yang satu ini nggak boleh dilupakan ya kawan. Kamu juga harus memperhatikan daya tampung  jurusan di universitas yang kamu minati. Siapkan banyak pilihan tempat kuliah beserta jurusannya ya.
Nah, kawan remaja jangan sampai salah pilih jurusan kuliah ya… :) Goodluck!
Ingin berbagi artikel ini ?? silahkan submit ke Lintas Berita agar bisa dibaca oleh publik. Klik tombol di bawah ini, truz..,, login dulu ya...

Artikel Terkait



Tags:

nasyiahpati.blogspot.com

Ajang sharing dan silaturrahim muslimah Kabupaten Pati.

0 comments

Leave a Reply