Beragam Program Untuk Flashdisk

Beberapa aplikasi pendukung untuk Flashdisk atau aplikasi yang lainnya dibutuhkan bisa Anda lihat dibawah ini. Ada salah satu aplikasi yang dibuat secara khusus untuk mendeteksi serta mengahpus virus dan ada juga yang khusus menangani DLL yang cukup berbahaya bagis sistem. Kebutuhan akan perkembangan IT juga ada dibawah ini seperti halnya XAMPP yang menyediakan banyak sekali paket server yang bisa digunakan serta beberapa program menarik lainnya. Dan semua program dibawah ini merupakan program portabel yang bisa dijalankan langsung dari Flashdisk atau media penyimpanan lainnya. Bahkan, dengan kaset CD pun Anda bisa menjalankan beberapa aplikasi ini.


*** Security ***

ClamWin

Kalau mendengar kata ClamWin, mungkin beberapa dari pembaca tak mengetahui apa arti kata ini. Namun, nama ini merupakan nama sebuah Antivirus yang memang kurang begitu populer dibandingkan dengan software yang telah lama menggeluti bidang ini seperti halnya Norman atau Kaspersky. Software Antivirus ini pun telah berkembang menjadi aplikasi portabel yang tentunya akan sangat menguntungkan bagi Anda apalagi jika perangkat penyimpan data Anda sering terkena virus dari komputer teman atau komputer di warnet.

Dengan versi portabelnya Anda bisa menscan komputer hanya bermodalkan perangkat penyimpanan seperti halnya flashdisk, katu memory, bahkan kaset CD pun juga bisa menjalankan aplikasi ini dengan menggunakan sistem operasi Windows. Namun, kalau hanya sebuah Antivirus bukan sesuatu yang menakjubkan apabila tak memiliki fitur-fitur yang menarik. Dan untuk itu, aplikasi ini memiliki beberapa fitur yang menarik dan patut untuk dicoba. Berikut beberapa fiturnya yang patut untuk dicoba.

1.    Deteksi tingkat tinggi untuk penangan virus serta spyware.
2.    Update database Regular. Dan tim ClamAV mengupdate database secara teratur untuk memasukkan jenis virus terbaru atau varian virus yang muncul di dunia IT.
3.    Mampu digunakan di semua sistem operasi dari Windows.
4.    Virus Scanner Standalone.

Perlu Anda ketahui kalau Antivirus ini belumlah mendukung real-time-on-akses. Jadi, Anda harus melakukan pemindahan file untuk mendeteksi sebuah file virus ataupun spyware secara manual. Inilah yang menjadi kekurangan dari aplikasi ini dan aplikasi ini diciptakan dari seseorang bernama John T. Haller lalu kemudian dikembangkan oleh ClamWin team.

Spy DLL Remover


Kalau aplikasi diatas adalah aplikasi untuk mengatasi sebuah virus, aplikasi satu ini dikhusukan untuk mendeteksi juga menghapus spyware dari sistem di komputer Anda. Aplikasi pendeteksi Spyware ini bernama SpyDLLRemover. Dengan pemindai spyware yang cepat program ini mampu menemukan Rootkit yang tersembunyi serta DLL atau suspicous disemua sistem walaupun terhadap sistem yang sedang berjalan. Program ini pun juga bisa dijalankan di perangkat penyimpanan seperti flash disk atau kartu memory seperti halnya aplikasi antivirus diatas.

Selain memiliki fitur pencarian DLL, aplikasi ini juga menampilkan DLL dengan berbagai threatlevels yang mungkin bisa membantu dalam mengidentifikasi apakah DLL yang ditemukan berbahaya atau mungkin tidaklah berbahaya. Fitur pencarian DLL dapat membantu menemukan DLL dalam berjalannya proses menggunakan hanya sebagian dari nama atau keseluruhan dari nama tersebut. Dan pengguna pun dapat memilih untuk proses penghapusan dari proses tunggal atau semua proses hanya dengan satu klik saja.

Fitur unik yang dimiliki aplikasi satu ini yakni kemampuan untuk bebas dari DLL dari proses remote menggunakan metode suntik lanjutan DLL yang bisa mengalahkan Rootkit apapun. Dan tak kalah juga penggunaan teknik yang canggih terhadap anti rootkit untuk menemukan rootkit yang tersembunyi. Namun sayangnya tingkatan yang digunakan masih tergolong rendah.

Versi terbarunya aplikasi dilengkapi dengan beberapa fitur menarik lainnya seperti pembuatan laporan berbasis HTML yang mudah dipahami, proses pernyortiran terhadap DLL yang termauk dalam DLL yang berbahaya, analisis yang cepat, serta user interface yang lebih ditingkatkan untuk mendongkrak kualitas tampilan dari aplikasi ini sendiri.

Eraser

Penghapusan data merupakan hal yang sangatlah mudah, bahkan orang yang awam pun tentunya bisa melakukan hal itu. Karena caranya yang cukup mudah hanya dengan menekan tombol Delete dan datapun langsung terhapus. Tapi, Anda bisa mencoba aplikasi penghapus data bernama Eraser. Menariknnya lagi, aplikasi ini tersedia dengan versi portabel. Dengan begitu, aplikasi penghapus data ini bisa dijalankan menggunakan Flash disk, kartu memory, iPod, serta media penyimpanan yang lainnya. Anda dapat menggunakan aplikasi ini di sistem operasi dari Windows baik Windows 2000, XP, Vista, bahkan yang tebaru Windows 7. Selain itu, aplikasi penghapus ini termasuk aplikasi open source.

Untuk lebih memudahkan dalam penghapusan itu sendiri, terdapat beberapa fitur untuk mendukung aplikasi ini. Beberapa diantaranya yakni pola penulisan yang baik agar lebih mudah dimengerti serta dapat mengapus data yang tergolong data sensitif.

Namun, kebanyakan Flash disk modern menggunakan keawetan yang dapat menyebarkan operasi tulis diatas perangkatnya. Hal ini dapat mengganggu Eraser dalam kemampuannya menghapus file tunggal. Mungkin hal ini juga bisa menjadi kekurangan dari Flashdisk ini mengingat kini banyak sekali flashdisk baru yang tersebar di pasaran Dunia bahkan pasaran Indonesia. 

*** Utilities ***

Java Launcher

Java Launcher Portabel memungkinkan Anda menjalankan program Java menggunakan aplikasi ini. Aplikasi ini akan membantu Anda menjalankan Java Stoples menggunakan Java Virtual Machine yang diinstall pada PortableApps.com. Tentunya hal ini dapat diinstall ke dalam menu PortableApps.com. Dan dimana atau kapan dijalankannya, Anda akan diminta untuk memilih file JAR sebagai aplikasi Java yang bisa dijalankan menggunakan aplikasi ini. JIka tak mau repot-repot dalam memilih file menggunakan aplikasi, langsung saja Anda pilih file yang akan dijalankan dengan cara Drag & Drop ke aplikasi ini.

Java Launcer Portabel ini belumlah mencukupi pengaturan semua program Java yang tersimpan di file JAR. Bahkan beberapa aplikasi JAR akan menyimpan pengaturan bersama-sama JAR.

Command Prompt

Anda pastinya tahu kan program Command Prompt ?
Ya, program ini merupakan program bawaan dari Windows yang mungkin sering digunakan untuk membuat sebuah perintah. Adanya Command Prompt akan memungkinkan Anda untuk membuat perintah baris untuk komputer bersistem operasi Windows. Namun, ada kendala lain ketika akan menggunakan program ini dan kendala tersebut bisa diakibatkan dari Virus.

Ketika sebuah virus menyerang komputer kita ada kalanya aplikasi ini akan disembunyikan oleh virus tersebut dan bahkan sampai tidak bisa digunakan. Untuk itu, Anda bisa menggunakan alternatif lain seperti menggunakan program Command Prompt versi portabel. Jadi, walaupun komputer terserang oleh virus yang menonaktifkan program ini Anda bisa menjalankan aplikasi ini menggunakan program Command Prompt versi portabel. Cukup dengan sebuah flashdisk saja dan tak lupa komputer yang menggunakan sistem operasi Windows dan alhasil program ini pun siap untuk dijalankan dan digunakan sebagaimana semestinya program ini digunakan.

Aplikasi ini dapat dijalankan di berbagai sistem operasi dari Windows mulai dari WIndows 2000, XP, Vista, serta Windows 7. Anda pun bisa membuat perintah DOS dari aplikasi ini.

XAMPP

XAMPP merupakan sebuah aplikasi yang membantu Anda dalam pengerjaan yang berhubungan dengan server. Adapun beberapa paket server yang terintregasi di aplikasi ini. Dan paket server tersebut meliputi Apache, mySQL, PHP serta Perl. Dan kini, Anda bisa mendapatkan server hanya dari sebuah flashdisk karena aplikasi ini juga menyediakan versi portabel. Kalau bicara tentang penginstallannya, Anda tidak akan menemukan kesulitan dalam penginstallannya.

XAMPP memberikan paket server yang lengkap dibandingkan dengan aplkasi penyedia paket server lainnya yang sama-sama memberikan fasilitas paket server. Jadi, adanya aplikasi XAMPP versi portabel ini membantu Anda dalam pengerjaan website berdatabase atau pengerjaan lainnya di komputer mana saja karena Anda telah membawa server sendiri yang tersimpan dengan rapi di flashdisk asalkan komputer yang Anda gunakan memakai sistem operasi Windows. Adapun beberapa paket server yang bisa didapatkan, dan dibawah ini beberapa paket-paket server yang bisa digunakan.

* Apache
* MySQL
* PHP + PEAR
* MiniPerl
* OpenSSL
* PhpMyAdmin
* XAMPP Control Panel
* Webalizer
* Mercury Mail Transport System
* FileZilla FTP Server
* SQLite
* ADODB
* Zend Optimizer
* Security XAMPP

Notepad + +

Notepad, merupakan aplikasi yang tak asing lagi bagi para pengguna sistem operasi Windows. Nah, bagaimana kalau aplikasi Notepad + +. Aplikasi bernama Notepad + + tak beda jauh dengan Notepad yang digunakan sebagai aplikasi edit teks selayaknya Microsoft Word. Aplikasi ini pun memiliki fitur yang sama dengan Notepad walaupun ada beberapa tambahan lain yang belum ada di Notepad. Adapun beberapa dukungan yang ada di Notepad ++ seperti dukungan beberapa bahasa serta sistem plugins yang luas dan tidak perlu repot-repot untuk menginstalnya.

Adapun beberapa fitur lain editor teks dengan fitur-fitur seperti halnya.

1. Beberapa Sintaks seperti C, C + +, HTML, ASP, Java, Pascal, CSS dan banyak lagi
2. Auto completion
3. Bisa membuka lebih dari 1 dokumen.
4. Didukung Search serta Ganti tingkat reguler.
5. Memiliki fitur Drag & Drop
6. Ada Zoom in juga Zoom out.
7. Terdapat banyak bahasa yang bisa dipilih.
8. Terintregasi dengan media perekaman serta pemutaran.

7-Zip

7 Zip merupakan sebuah aplikasi pengarsipan seperti halnya Winrar. Sama dengan aplikasi diatas yakni Anda bisa mendapatkan versi portabel yang dapat Anda jalankan dari beberapa perangkat media penyimpanan seperti flashdisk,kartu memory, serta berbagai media penyimpanan lainnya. Dengan aplikasi ini, kompresi 7z, ZIP, GZIP, bzip2, TAR, serta file RAR mampu diatasi dengan mudah. Tak hanya itu, jika bosan dengan bahasa yang begitu-begitu saja maka gantilah bahasa yang digunakannya karena setidaknya ada 63 bahasa yang bisa dipilih. Hal itu merupakan salah satu dari beberapa fitur lain yang tak kalah menariknya. Berikut beberapa fitur dari aplikasi ini.

1. Rasio kompresi dengan kualitas yang cukup tinggi yang dikemas dalam format 7z dengan kompresi LZMA baru.
2. Adapun beberapa format yang didukung oleh aplikasi ini.
* Ekstrak : 7z, ZIP, GZIP, bzip2 serta file TAR.
* Uraian : RAR, CAB, ISO, arj, CHM, Z, cpio, RPM, DEB, dan juga NSIS.
3. Untuk format ZIP serta GZIP 7-ZIP, menyediakan rasio kompresi 10-20% lebih baik dibandingkan dengan rasio yang disediakan oleh file berformat PKZip serta WinZip.
4. File Managaer yang powerful demi mendukung kualitas dari penggunaan aplikasi ini.
5. Terdapat 63 pilihan bahasa yang siap memandu Anda dalam penggunaan software.

Semua aplikasi-aplikasi portabel yang dibahas pada bahasan ini bisa didapatkan hanya di satu situs saja dan situs tersebut bernama PortableApps. Banyak aplikasi yang bisa Anda dapatkan dengan mendownloadnya. Semoga Bermanfaat.
Ingin berbagi artikel ini ?? silahkan submit ke Lintas Berita agar bisa dibaca oleh publik. Klik tombol di bawah ini, truz..,, login dulu ya...

Artikel Terkait



Tags: ,

nasyiahpati.blogspot.com

Ajang sharing dan silaturrahim muslimah Kabupaten Pati.

0 comments

Leave a Reply