Menjadi Muslimah Milenial yang Paham Agama! Caranya Bagaimana?


Pati - Selasa, 12 Desember 2023 telah terlaksana Kajian Muslimah. Kajian ini terlenggara atas kerja sama Bidang Dakwah PDNA Kabupaten Pati dengan Takmir Masjid Moch Dahlan. Dengan mengusung tema Menjadi Muslimah Milenial yang Paham Agama, oleh Ustazah Sheila Ardiana, Lc., M.A.

Berikut merupakan beberapa poin kajian yang disampaikan oleh Ustazah Sheila:

Di dalam agama Islam memiliki 3 inti, yakni iman yang berkaitan dengan akidah, Islam berkaitan dengan fikih, dan ihsan berkaitan dengan tazkiyatun nufus/adab-akhlak.

Rasulullah saw. bersabda:

إِذَا صَلَّتْ الْمَرْأَةُ خَمْسَهَا، وَصَامَتْ شَهْرَهَا، وَحَفِظَتْ فَرْجَهَا، وَأَطَاعَتْ زَوْجَهَا؛ قِيلَ لَهَا ادْخُلِي الْجَنَّةَ مِنْ أَيِّ أَبْوَابِ الْجَنَّةِ شِئْتِ.

"Jika seorang wanita menunaikan shalat lima waktu, berpuasa di bulan Ramadhan, menjaga kemaluannya dan menaati suaminya; niscaya akan dikatakan padanya: “Masuklah ke dalam surga dari pintu manapun yang kau mau”. (HR. Ahmad dari Abdurrahman bin ‘Auf)

Kemudian orang yang merugi adalah mereka yang banyak membawa pahala, tetap juga membawa dosa. Khususnya dosa yang berkaitan dengan sesama.

• Fikih= berkaitan dengan mukallaf yang berkaitan dengan hukum-hukumnya berdasarkan dalil. Di sini, yang dihukumi adalah perbuatannya bukan bendanya.

°°Berikut merupakan manfaat mempelajari fikih:

1. Mengerti kapan perbuatan dijatuhi hukum.

2. Mengerti keadaan yang dijatuhi hukum.

3. Tidak semua larangan harus ditinggalkan.

°° Sedangkan kaidah penting dalam ilmu fikih adalah sebagai berikut:

1. Jika terdapat perbedaan pendapat, maka pilih pendapat yang paling hati-hati kecuali dalam keadaan darurat.

2. Di dalam fikih, seseorang tidak boleh mengambil enaknya saja.

_______________»»——⍟——««_______________


Di atas merupakan beberapa poin penting dari kajian hari Selasa, oleh Ustazah Sheila Ardiana, Lc., M.A. Kajian ini dihadiri para muslimah berlangsung pada 15.00 WIB sampai selesai yang diawali salat asar berjamaah. Semoga setiap ilmu yang disampaikan mendapatkan rida oleh Allah dan bermanfaat bagi sesama.

Ingin berbagi artikel ini ?? silahkan submit ke Lintas Berita agar bisa dibaca oleh publik. Klik tombol di bawah ini, truz..,, login dulu ya...

Artikel Terkait



Tags:

nasyiahpati.blogspot.com

Ajang sharing dan silaturrahim muslimah Kabupaten Pati.