Nasyiah Pati Ajak Benahi Pola Komunikasi Ortu ke Anak

pasfmpati.com (Pati, Kota) - Pola komunikasi orang tua ke anak selama ini dipandang sebagai suatu hal yang sepele oleh kebanyakan orang. Dalam mendidik dan berkomunikasi dengan anak, umumnya mereka mengadopsi kebiasaan dari orang tua mereka tanpa tahu efek psikologis yang akan mempengaruhi karakter dan tumbuh kembang anak.

Itu terjadi karena banyak dari orang tua yang tidak menguasai tahapan perkembangan anak dan tidak tahu bagaimana cara otak anak bekerja, padahal dua poin itu berperan besar dan berpengaruh dalam membentuk kepribadian dan masa depan anak.

”Karena itulah dalam kesempatan ini Nasyiah Pati mengajak masyarakat untuk belajar membenahi pola komunikasi orang tua ke anak”, jelas Ida Widiastuti, Ketua Panitia Dialog/Talkshow Parenting Educations bersama Nasyiah Kabupaten Pati yang mengambil tema Menjadi Idola Anak Dengan Komunikasi yang Efektif.

Acara yang digelar gratis untuk umum ini menurut Ida Widiastuti juga diselenggarakan dalam rangka merealisasikan program kerja Nasyiah Kabupaten Pati sekaligus untuk menyambut Hari Keluarga Nasional yang jatuh pada 29 Juni 2012.

Dua narasumber yang dihadirkan dalam talkshow Nasyiah Pati yang berlangsung Kamis (28/6) di Gedung Dakwah Muhammadiyah, Jl. KHA. Dahlan No. 22 Pati ini adalah Ibu Herry Krisnawati S.Psi M.Psi, Psikolog, dari Sekolah Luar Biasa Kabupaten Pati dan Bpk Kasnadi M.Prac yang merupakan praktisi, trainer, dan pemerhati Parenting Educations, sekaligus pimpinan sebuah lembaga bimbingan belajar di Kota Pati. Selain diikuti oleh masyarakat umum, para anggota Nasyiah Kabupaten Pati yang sebagian besar merupakan pendidik juga turut hadir sebagai peserta.

”Ini karena definisi orang tua di sini tak hanya terbatas pada hubungan darah, tapi juga hubungan guru dan muridnya”, terang Ketua Panitia.

Nasyiah sebagai sebuah organisasi kemasyarakatan (Ormas), menurut Ida, telah ada di Indonesia sejak tahun 1931 dan memiliki perhatian yang cukup besar terhadap pendidikan anak. Di Kabupaten Pati sendiri, Nasyiah telah memiliki sejumlah Playgroup/PAUD yang dikelola oleh pimpinan/pengurus Nasyiah yang ada di tingkat kecamatan.

”Para anggota Nasyiah yang tiap hari bekerja dan bersentuhan langsung dengan anak-anak inilah yang awalnya mendorong kami untuk menyelenggarakan acara seperti ini”, ungkap Ida Widiastuti.

Ketua Panitia merasa bersyukur animo masyarakat untuk mengikuti kegiatan ini cukup tinggi. ”Ibu-ibu yang hadir dalam acara ini masih muda namun sudah punya kesadaran dalam mempelajari pola asuh anak. Apalagi kan memang nggak ada tuh sekolah buat jadi ibu, jadi ayah…, makanya masih banyak terjadi kesalahan dalam pendidikan dan pengasuhan anak”, ungkapnya.

Bentuk kekeliruan pengasuhan anak khususnya dalam komunikasi dengan anak, menurut Ida, antara lain nampak saat orang tua menasehati putra putri mereka. ”Ibu-ibu sering mengingatkan anak-anak dengan kata-kata yang seolah mendikte dan terkesan cerewet, parahnya seringkali itu tak digubris oleh anak”, imbuh Ida. Padahal salah satu hal yang penting dalam tahapan perkembangan anak adalah adanya komunikasi yang tepat dan bisa diterima oleh anak.

”Lewat para ahli dan pakar di talkshow ini kemudian kita tahu bahwa ternyata dalam jaringan otak anak, ada saat-saat tertentu dimana pesan yang didengar bisa bisa langsung diingat anak, termasuk dalam mencerna pelajaran”, terangnya.

Tindak lanjut dari acara ini sendiri, menurutnya, para peserta akan difasilitasi untuk berpartisipasi dalam sebuah forum komunikasi/diskusi di dunia maya yang khusus mendiskusikan pendidikan anak. Rencananya forum diskusi ini akan dikelola oleh Nasyiah Pati bekerjasama dengan para pakar dan ahli di bidang pendidikan dan psikologi anak.(*)

Sumber berita :
Ingin berbagi artikel ini ?? silahkan submit ke Lintas Berita agar bisa dibaca oleh publik. Klik tombol di bawah ini, truz..,, login dulu ya...

Artikel Terkait



Tags: ,

nasyiahpati.blogspot.com

Ajang sharing dan silaturrahim muslimah Kabupaten Pati.

0 comments

Leave a Reply